Nama : Indri widia astuti
Npm : 55214325
Kelas : 2df02
PERILAKU KONSUMEN
Perilaku
Konsumen adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat
mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan
memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah
bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang
telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang.
Definisi
Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli :
·
Shiffman
dan Kanuk (2000) adalahperilaku yang diperhatikan
konsumen dalam mencari,membeli, menggunakan, mengevaluasi dan mengabaikan
produk, jasa, atau ide yang diharapkandapat memuaskan konsumen untuk dapat
memuaskan kebutuhannya dengan mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan.
·
Loudon
dan Della Bitta (1993) adalah konsumen adalah proses
pengambilan keputusan dan kegiatan fisik individu-individu yangsemuanya ini
melibatkan individu dalam menilai, mendapatkan, menggunakan, atau mengabaikan
barang-barang dan jasa-jasa.
·
Ebert
dan Griffin (1995)consumer behavior dijelaskan
sebagaiupaya konsumen untuk membuat keputusan tentang suatuproduk yang dibeli
dan dikonsumsi.
·
James
F et al ( 1994 ) : perilaku konsumen adalah tindakan
yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk
dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini.
·
Schiffman
dan Kanuk (1994) : perilaku konsumen adalah proses
keputusan dan aktivitas fisik individu yang terlibat dalam mengevaluasi,
mendapatkan, menggunakan, atau memberikan barang dan jasa yang diperolehnya.
Model
Perilaku Konsumen
Model
perilaku konsumen yang dikemukakan Kotler (1997 : 10)menerangkan bahwa
keputusan konsumen dalam pembelian selaindipengaruhi oleh karakteristik
konsumen, dapat dipengaruhi olehrangsangan perusahaan yang mencakup produk,
harga, tempat dan promosi. Variabel-variabel diatas saling mempengaruhi proses
keputusan pembelian sehingga menghasilkan keputusan pembelian yang
didasarkanpada pilihan produk, pilihan merek, pilihan penyalur, waktu
pembelian,jumlah pembelian.
Persepsi
Konsumen
·
Menurut
Kotler (1997) persepsi adalah proses memilih,
menata,menafsir stimuli yang dilakukan seseorang agar mempunyai arti
tertentu.Stimuli adalah rangsangan fisik, visual dan komunikasi verbal dan
nonverbal yang dapat mempengaruhi respon seseorang (Sodik, 2003).
·
Assael
(1995) dalam Sodik (2003) menyebutkan bahwa persepsiterhadap
suatu produk melalui proses itu sendiri terkait dengankomponennya (kemasan,
bagian produk, bentuk) serta komunikasi yangditunjukkan untuk mempengaruhi
perilaku konsumen yang mencerminkanproduk melalui latar kata-kata, gambar dan
simbolisasi atau melaluistimuli lain yang diasosiasikan dengan produk (harga,
tempat, penjualan, dampak dari negara pejualan). Informasi yang diperoleh dan
diproseskonsumen akan membentuk preferensi (pilihan) seseorang terhadap
suatuobyek. Preferensi akan membentuk sikap konsumen terhadap suatu obyek,yang
pada gilirannya akan sikap ini seringkali secara langsung akanmempengaruhi
apakah konsumen akan membeli suatu produk atau tidak.
Dua wujud Konsumen :
1.
Personal
Konsumer
Konsumen
ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaanya sendiri.
2.
Orgazational
Consumer
Konsumen
ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan
menjalankan organisasi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar