TUGAS KELOMPOK
Nama Anggota :
Halimatussa’diyah 54214713
Indri Widia Astuti 55214325
Quinta Nurannisa 58214649
Riska Eka Cahyanti 59214490
PERENCANAAN
STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENJUAL SUATU PRODUK/JASA SEBAGAI USAHA YANG BARU
Jika anda adalah
seorang pengusaha pemula atau seorang salesman untuk produk baru, maka anda
dituntut untuk mencapai target atau melampaui target penjualan yang ditetapkan,
meraih keuntungan sebesar besarnya dengan biaya sekecil kecilnya agar anda
& perusahaan anda mendapatkan uang untuk menghidupi perusahaan &
menggaji karyawan. inilah siklus usaha, yakni menjual. tapi menjual produk baru
bukan perkara mudah, apalagi ditengah persaingan & keterbatasan modal.
Senjata utama seorang penjual
adalah:
1. Kesiapan melayani
2. Kesiapan ilmu & informasi
untuk meningkatkan kepercayaan publik sebagai pemberi solusi profesional
3. Kebersediaan mendengarkan,
apakah itu keluhan yang berhubungan dengan produk kita atau bahkan keluh kesah
yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan apa yang kita jual.
Banyak sekali produk
yang dijual dengan simple, prosedur yang cepat, perputaran barang yang mudah.
tapi tidak semua produk dapat dijual secepat itu. sebagian produk lain
membutuhkan proses agar sampai ke tangan konsumen untuk segera dinikmati
manfaatnya oleh konsumen itu.
Sebelum menjual, terlebih dahulu
membuat persiapan persiapan diawal sebagai berikut:
- Kumpulkan & susun database
pelanggan/calon pelanggan yang akan kita hubungi/tawari produk. caranya bisa
dari referral (saran dari orang yang kita kenal), dari media publik, dari
canvassing, dan lain sebagainya. kumpulkan informasi apapun tentang mereka,
kehidupan pribadi & profesional mereka, hal ini sering juga disebut data
intelejen, yang nantinya bisa kita manfaatkan untuk masuk ke sisi emosional
mereka agar mereka bersedia membeli produk kita
- Direct mail. kirim surat
penawaran berikut brosur/flyer/katalog/kuisioner pada database yang kita
miliki. untuk menyusun surat penawaran yang bagus & berdampak baik pada
responnya akan kita bahas secara khusus
- Telemarketing. telpon database
yang telah kita kirimi direct mail untuk minta janjian pertemuan. ini juga
membutuhkan trik trik khusus. jika setelah berbagai cara ditolak. tetaplah
bersikap ramah, & minta referral/saran pada calon pelanggan kita itu, siapa
yang harusnya kita tawari produk kita. dengan begitu, kita tidak akan kehabisan
daftar prospek/database
- Presentasi. jangan lupa bawa
peralatan yang diperlukan untuk presentasi, misalnya laptop, produk sample,dll.
detail tentang presentasi akan kita bahas pada postingan lain
- Customize pesanan. ini adalah
trik jitu untuk menjawab keberatan calon pelanggan. apapun yang dia nyatakan
tentang keberatannya, tanyakan sudut pandangnya seperti apa, lalu kita tawarkan
costumize produk/order sesuai sudut pandangnya. beri kemudahan pembayaran, jika
memungkinkan, beri keringanan pembayaran dengan cicilan, atau diskon, bonus,
dll. jika setelah berbagai trik tidak berhasil, tetaplah bersikap ramah &
profesional. minta referral/saran pada calon pelanggan kita itu,
siapa yang harusnya kita tawari produk kita. dengan begitu, kita tidak akan
kehabisan daftar prospek/database (seperti di point telemarketing)
- Delivery/eksekusi: pengiriman
barang, pelaksanaan service/layanan. titik beratkan pada kualitas &
kecepatan. jangan lupa setelah delivery, telepon untuk membimbingnya dalam
pemakaian produk, perawatan produk, kesiapan garansi dll yang akan membuatnya
merasa nyaman
- Maintenance: ini yang paling
sering diabaikan seoramng salesman, yaitu memelihara hubungan baik dengan
pembeli. ini akan membuat pembeli itu melakukan pembelian berikutnya,
menceritakan pada kerabat & teman-temannya tentang keunggulan pelayanan
kita & membuat lebih banyak pelanggan datang kepada kita. pertahankan
hubungan baik, bisa melalui kunjungan langsung, via telepon, surat, BB, e-mail
atau media lain, dengan ucapan selamat, ucapan terima kasih, info katalog
produk, info promo diskon, atau apaun yang membuat dia merasa selalu dianggap,
penting & dihargai. survey kepuasannya terhadap produk & layanan
kita. tanyakan apa kekurangan/keunggulan produk kita, lalu tawari lagi produk
baru sesuai jawabannya. ingat, selalu siap menjawab "ya" untuk setiap
kebutuhannya, & segera customize sesuai pesanannya.
10 Tips Strategi
Promosi Efektif
1. Gunakan Media Sosial
Di era yang serba mobile ini,
media sosial sudah menjadi suatu hal yang wajib dimiliki brand Anda.
Melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Anda dapat melakukan
strategi promosi dengan memperkenalkan brand dan juga produk
yang ingin Anda pasarkan kepada pengguna media sosial. Dengan menggunakan media
sosial, maka pendekatan yang akan Anda lakukan menjadi lebih personal dan
juga menjadi ‘lebih
dekat’ dengan target market.
2. Adakan Lomba
Siapa sih yang tidak suka menjadi
pemenang? Tentu saja semua orang suka untuk memenangkan sesuatu. Oleh karena
itu, menjadi salah satu penyelenggara kontes atau menjadi sponsor dalam salah
satu kontes yang sedang direncanakan adalah ide strategi promosi yang baik.
Dengan menampilkan logo Anda pada kontes atau perlombaan tersebut, maka brandyang
akan Anda promosikan akan dikenal oleh peserta lomba.
3. Bagi-bagi Produk
Jika brand Anda
sedang ingin memperkenalkan produk atau varian baru dari produk yang pernah
dikeluarkannya, maka salah satu strategi promosi yang cocok untuk dilakukan
adalah dengan memberikan produk langsung kepadatarget market. Pembagian
produk ini bisa diberikan secara cuma-cuma dalam bentuk sample atau tester.
4. Mendata Pelanggan/Target
Market
Mengumpulkan data pelanggan merupakan
kegiatan yang kami rekomendasikan. Pada saat proses perkenalan produk ataupun
penjualan berlangsung, pastikan Anda mendapatkan data pelanggan sesuai dengan
kebutuhan Anda sehingga akan berguna untuk strategi promosi maupun rencana
perusahaan berikutnya.
5. Berikan Insentif untuk
Setiap Rekomendasi
Berikan insentif bagi pelanggan
setia Anda yang memberikan rekomendasi kepada calon pelanggan lainnya untuk
menggunakan produk dari brand yang Anda pasarkan. Insentif
dapat diberikan dalam wujud yang berbeda, seperti kupon diskon, sejumlah uang,
atau produk Anda sendiri. Dengan cara tersebut, pelanggan setia Anda akan terus
menggunakan dan semakin semangat untuk merekomendasikan produk Anda. Hal itu
tentunya merupakan salah satu strategi promosi yang jitu!
6. Tempatkan Produk di Tempat
yang Tepat
Penempatan produk yang baik adalah
penempatan produk pada toko yang dapat menambahkan angka penjualan. Anda bisa
saja memindahkan produk Anda untuk diletakkan diantara 2 jenis produk lain yang
merupakan komplementer dari jenis produk yang Anda jual. Anda juga bisa
menempatkan produk yang Anda pasarkan pada ujung gang toko sehingga mudah untuk
ditemukan.
7. Lakukan Kegiatan
Amal/CSR (Corporate Social Responsibility)
Salah satu strategi promosi lainnya
adalah dengan menunjukkan rasa pedulibrand terhadap isu di sekitar
masyarakat/target market yang biasa ditunjukkan melalui kegiatan
CSR (Corporate Social Responsibility) sambil mempromosikanbrand atau
roduk teretentu yang ingin dipromosikan. Dengan kegiatan ini,brand Anda
akan mendapatkan label baik dan disukai oleh masyarakat.
8. Gunakan Barang Promosi
Dalam menjalankan strategi promosi,
Anda boleh menggunakan barang promosi (seperti kaos, kalender dan merchandise lainnya)
yang telah diberikan label berupa logo brand Anda sehingga
ketika barang promosi tersebut digunakan oleh seseorang, maka barang tersebut
telah mengingatkan orang disekitarnya untuk menggunakan produk dari brand tersebut.
9. Susun Acara untuk
Mengapresiasi Pelanggan
Selenggarakan acara bagi para pelanggan
setia produk yang akan Anda promosikan. Susunlah acara yang menarik, banyak
hadiah dan tanpa ada standuntuk berjualan serta tanpa harus memaksa
para peserta membeli apa pun pada acara tersebut. Dengan strategi promosi
melalui acara-acara tersebut, loyalitas dari peserta acara
tersebut akan bertambah dan begitu juga rasa senang pelanggan dengan brand Anda.
10.
Lakukan Survey Pembeli setelah Penjualan
Untuk meningkatkan kualitas produk
yang dipasarkan dan juga pelayanannya, maka ada baiknya bagi Anda untuk
melakukan survey pada setiap pelanggan setelah penjualan. Anda
bisa melakukannya di tempat, melalui telepon maupun melalui email. Tetunya
strategi promosi berbentuk survey ini mempermudah pelanggan
untuk menyampaikan baik pujian maupun keluhan tentang produk yang
digunakan/dikonsumsi.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar