Sabtu, 17 Januari 2015

Cara Membuat Kapal Kertas

  1. 1   Lipat sehelai kertas berukuran 21,5x28 cm jadi dua, dari atas ke bawah. Kertas HVS atau kertas origami berwarna putih paling cocok untuk membuat kapal kertas. Cara melipat kertas seperti ini disebut "gaya hamburger". Buatlah garis lipatan yang rapi. Iklan
  2. Make a Paper Boat Step 2 preview.jpg
    2
    Buka kertas, kemudian lipat jadi 2 bagian, dari kiri ke kanan. Setelah Anda membuat lipatan pertama (horizontal), lipat kertas dari satu sisi hingga sisi lainnya (vertikal), menghasilkan persilangan 2 garis lipatan di tengah kertas (lihat gambar). Ketika Anda selesai, buka kertas, kemudian kembalikan ke lipatan pertama (horizontal). Saat ini kertas Anda mestinya terlipat jadi dua bagian, dengan garis lipatan vertikal pada bagian tengahnya.
  3. Make a Paper Boat Step 3 preview.jpg
    3
    Lipat ujung-ujung atas ke bawah, menyisakan bagian bawah kertas sekitar 2,5-5 cm. Ambil dua ujung di atas, dan lipat ke bawah agar keduanya bertemu di garis lipatan vertikal di tengah. Gunakan garis lipatan itu untuk menyejajarkan kedua ujung yang Anda turunkan itu.
  4. Make a Paper Boat Step 4 preview.jpg
    4
    Lipat bagian bawah kertas ke atas. Pada bagian bawah kertas Anda akan jumpai dua buah kelopak. Lipat kelopak atas ke atas hingga bersinggungan dengan sisi dasar segitiga. Balikkan kertas, ulangi proses ini untuk kelopak bawah. Anda memperoleh topi kertas di titik ini.
  5. Make a Paper Boat Step 5 preview.jpg
    5
    Lipat ujung-ujung kedua kelopak ke dalam. Pada salah satu sisi kertas, lipat ujung-ujung persegi--yang mencuat melewati segitiga--ke dalam sehingga sejajar dengan sisi segitiga. Balikkan kertas, ulangi proses ini untuk kelopak pada sisi kertas yang satu lagi.
  6. Make a Paper Boat Step 6 preview.jpg
    6
    Ubah segitiga jadi persegi. Gunakan jari-jari Anda untuk membuka bagian bawah segitiga. Bentuknya mestinya berubah jadi persegi, dengan ujung-ujung sisi dasar segitiga saling bertumpuk sehingga berubah jadi ujung-ujung bawah sebentuk intan.
  7. Make a Paper Boat Step 7 preview.jpg
    7
    Lipat kelopak-kelopak bawah ke atas. Atur kertas Anda agar ujung-ujung bawah intan itu bisa dilipat ke atas. Lipat satu ujung, sejajarkan dengan ujung atas. Balikkan kertas, ulangi proses ini untuk sisi yang satu lagi.
  8. Make a Paper Boat Step 8 preview.jpg
    8
    Ubah segitiga jadi persegi sekali lagi. Buka bagian bawah segitiga baru Anda dengan jari-jari, sama seperti sebelumnya. Ujung-ujung bawah akan saling sejajar untuk menjadi ujung bawah sebentuk intan.
  9. Make a Paper Boat Step 9 preview.jpg
    9
    Tarik segitiga-segitiga di kedua sisi persegi. Mulailah dari bagian atas intan, dan perlahan pisahkan kedua sisinya sehingga lapisan di tengah intan terbuka. Anda bisa lipat sisi-sisi kapal ke atas sedikit lagi sehingga kapal mengapung di air dan tidak tenggelam.
  10. Make a Paper Boat Step 10 preview.jpg
    Apungkan kapal kertas Anda. Isilah bak kecil dengan air dan taruh kapal kertas itu di atas air. Kalau kapal tampak mulai turun, sesuaikan sisi-sisinya agar tetap naik sehingga kapal itu tidak tenggelam. 
  11. http://id.wikihow.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar